Mata Berita

Kebakaran Apartement di London Menewaskan 17 Orang

Kebakaran Apartement di London Menewaskan 17 Orang – Kebakaran yang terjadi pada apartement 24 tingkat di London, Inggris pada Rabu (17/6) kemarin telah menewaskan 17 orang. Akibat dari peristiwa ini warga setempat marah pada pemerintahan London.

Kebakaran Apartement di London Menewaskan 17 Orang

Kebakaran Apartement di London Menewaskan 17 Orang
Kebakaran Apartement di London Menewaskan 17 Orang

Pada hari Jumat kemarin, Komandan Kepolisian Metropolitan London, Stuart Cundy mengatakan dengan sangat sedih, mereka sudah memastikan jumlah korban meninggal hingga saat ini telah bertambah menjadi 17 orang. Dan mereaka juga sangat yakin jumlah itu akan bertambah lebih banyak lagi.

Saat kebakaran terjadi dalam apartement tersebut di yakini ada sekitar 600 orang di dalam blok Grenfell Tower, kompleks Lancaster West Estate, North Kensington, Dan sampai sekarang puluhan orang dilaporakan masih menghilang atau belum di ketahui keberadaannya.

Di sisi lain secara terpisah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran London, Dany Cotton menyatakan harapannya untuk menemukan korban yang selamat di balik puing terbakarnya apartement itu. Dan dia juga mengatakan hingga sekarang pihaknya masih belum menemukan korban yang masih hidup dalam peristiwa tersebut

Hingga kini penyebab kebakaran juga belum di ketahui dengan pasti. Polis juga masih melakukan penyelidikan. Saat Walikota London, Sadiq Khan, datang mengunjungi lokasi kebakaran para warga marah dan juga sempat berteriak kepada dirinya.

Saat dirinya mencoba meredakan amarah warganya, salah satu warga bertanya kepadanya, “Berapa anak – anak yang tewas dalam peristiwa ini? Apa yang akan anda lakukan lagi? Anda bisa melihat kemarahan masyarakat, mereka semua berhak marah. Banyak orang yang khawatiran soal kompleks perumahan di sini, dan juga apartemen di seluruh London. Akibat kebakaran ini memicu orang banyak yang menanyakan soal keamanan apartement di London.

Dari semua korban tewas ada 6 orang jenazahnya ditemukan diluar gedung apartement. Dan 11 jenazah lain di temukan di dalam gedung. Fiona McCormack dari tim identifikasi Kepolisian Metropolitan London menjelasa kan semua jenazah korban tidak bisa kenali lagi wajahnya di karenakan telah hangus,

Salah satu korban tewas yang bisa teridentifikasi dari kebarakan di aptement itu adalah Mohammed Alhajali (23) yang merupakan pengungsi dari Suriah. Pada tahun 2017 Alhajali tiba di Inggris bersama saudara laki lakinya. Pada pernyataan kampanye Solidaritas Suriah Mohammed melewati perjalanan yang berbahaya saat melarikan diri dari perang di Suriah, dan dirinya tewas disini di Inggris di rumahnya sendiri.