Mata Berita

Memiliki Anak Kembar Tidak Berarti Harus Dibelikan Barang Yang Sama

Memiliki Anak Kembar Tidak Berarti Harus Dibelikan Barang Yang Sama – Untuk kamu yang memiliki anak kembar, apalagi jenis kelaminnya sama, lucu memang kelihatannya kalau mereka selalu memiliki hal yang sama. Mulai dari pakaian, aksesori bahkan mainan. Tapi perlu anda ketahui juga, ternyata kita juga harus memberikan barang yang berbeda sesekali, jadi tidak harus kasih yang samaan.

Memiliki Anak Kembar Tidak Berarti Harus Dibelikan Barang Yang Sama

Tidak apa kalau misalnya kita mau ngasih mainan yang berbeda untuk anak kembar. Malahan, psikolog mengatakan anak dan keluarga Anna Surti M.Osi., Psikolog yang biasa dipanggil Nina ini justru mengatakan bahwa anak kembar juga perlu dikasih mainan yang berbeda satu sama lain, kenapa begitu?

Nina menjelaskan bahwa dengan begitu anak kembar bisa belajar mengenali identitas dirinya. Sehingga, anak tahu kalau dia berbeda loh sama kembarannya. Dan ketika saat anak sudah tau dirinya berbeda dengan kembarannya, kita juga perlu menghargai dia, misalnya aja saat ia ngga mau dipakaikan lagi baju yang samaan, maka biarkan saja.

Memiliki Anak Kembar Tidak Berarti Harus Dibelikan Barang Yang Sama
Memiliki Anak Kembar Tidak Berarti Harus Dibelikan Barang Yang Sama

“Jadi ketika kecil, agara anak tau identitas dirinya, kita ajarkan dia dan juga saudaranya, walaupun anak kembar, berbeda. Namanya saja beda,”

Selain itu, kita juga bisa menunjukkan ke anak kita kalu dia berbeda lewat fisiknya. Misalkan seperti, ketika si kakak bibirnya lebih tipis sedangkan kakaknya lebih tebal. Terus, si kakak yang rambutnya lurus banget, sedangkan adiknya agak lebih keriting.

Begitu juga ketika memilih mainan, Nina juga menjelaskan bahwa ketika memilih mainan untuk anak kembar, usahakan mereka memilih mainan yang berbeda, misalnya dari warna. terus, dalam memilih mainan, lakukan secara bergilir. Jika hari ini giliran si adik yang milih mainan dulu, maka selanjutnya besok giliran kakaknya untuk memilih mainannya lebih dulu.

Anak Kembar
Anak Kembar

Kalau mainannya sudah diberikan yang berbeda, malah membuat anak kembar ini menjadi rebutan, terus gimana?? “Tidak apa-apa, justru itu adalah celah untuk mereka belajar berbagi dan juga mengetahui identitas dirinya. Ketika dikasih sesuatu yang sama terus, celah untuk si anak kembar ini untuk belajar jadi berkurang,” kata Nina.

Sementara itu, psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog bilang biasanya ketika di umur 2 tahun, anak sudah bisa mulai menentukan pilihan. Tapi memang betul, kadang mereka tidak konsisten dengan pilihannya dan pada anak kembar misalnya, itulah mengapa mereka jadi rebutan mainan.

Kalau begini, Anas coba menyarankan untuk memberikan panduan untuk anak sebelum dia memilih mainan. Jadi, ketika anak sudah memilih mainannya, ga perlu lagi ditukar. Tapi, kalau dia ingin pinjam dari saudaranya, boleh banget. Terapkan hal ini dengan konsisten, kata Anas, nanti lama kelamaan, anak kembar juga sudah bisa saling berbagi kok.