Mata Berita

Rusaknya Jalan Perbatasan Malinau-Malaysia, Mengakibatkan 7 Mobil Masuk Jurang

Rusaknya Jalan Perbatasan Malinau-Malaysia, Mengakibatkan 7 Mobil Masuk Jurang -Keadaan jalan di perbatasan Apau Kayan, Malinau, Kalimatan utara dengan Malaysia rusak parah.

Rusaknya Jalan Perbatasan Malinau-Malaysia, Mengakibatkan 7 Mobil Masuk Jurang
Rusaknya Jalan Perbatasan Malinau-Malaysia, Mengakibatkan 7 Mobil Masuk Jurang

Rusaknya Jalan Perbatasan Malinau-Malaysia, Mengakibatkan 7 Mobil Masuk Jurang

Infrastruktur dari tahun 2010 belum ada lagi perbaikian jalan tersebut. Sudah 7 mobil sembako yang telah masuk jurang. Dan juga beberapa ruas jalan menghubungkan kecamatan Sungai Boh, Kayan selatan, Kaya Hulu di Malinau, kearah Long Bangun Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur, terputus dikarenakan jembatan ambruk ditamba dengan tanah longsor.

Perjalanan ke Long Bagun yang menghubungkan kecamatan Sungai Boh, jauhnya perjalanannya kurang lebih 426 kilometer, dan dibangun sejak 17 tahun silam itu menjadi handalan warga setempat.

“jalan itu telah membuat 16 ribu jiwa warga Apau Kayan, menjalankan kegiatan perekonomian orang yang tinggal di daerah perbatasan Malainau dengan Malaysia. Banyak warga yang celaka, saat menbawa sembako dan bahan bakar minyak,” kata warga Desa Long Nawang Mawang, Mansur

Mansur menjelaskan, maunya ada empat titik ruas jalan yang harus di perhatikan pemerinta. Di kebersamaan jalan menghubungkan Sungai Boh-Long Bangun sepanjang 270 km, Sungai Boh-Long Bagun sepanjang 270 km, Sungai Boh-Kayan Hulu 23 km, Kayan Hulu-Kayan Hilir 63 km.

Melintasi sungai besar warga bertaruh nyawa untuk melewati jembatan rusak itu.

“Tahun ini saja, sudah terjadi 7 kecelakaan, mobil terbalik dan juga masuk kedalam jurang. Juga banyak mobil di Apau kayan, yang dipergunakan untuk mengangkut sembako. kami pun menagih janji pemerinta, untuk membangun Indonesia dari pinggiran,” ungkapan Marsur.

Inilah halnya diutarakan kepla Adat Besar Apau Kayan Iban Ala. menurutnya da 8 titik jalan putus, 3 diantaranya menyambungkan Long Bangun ke Mahak Baru di kecamatan Sungai Boh serta di Mahak Baru, kearah Long Nawang.

“Karena ruas jalan itu warga bisa berhari-hariĀ  disana. Sementara ini kebanyakan warga membeli sembako dari BBM di Kem Tapak Mega, di wilayah malaysia. Harga premium di malaysia Rp 25 ribu per liter,” ungkap Ibau Ala.

“Kita hanya bisa berharap dari pemerintah pusat untuk mempunyai keseriusan pemprov Kaltara ya. Dan juga jalan perbatasan Malaysia baru sebatas membuka akses jalan. kami sangat berharap, dilakukanlah peningkatan infrastruktur jalan,” demikian ibau Ala.

Demikian berita dari Mata Berita