Mata Berita

Tips Tips Sehat Pada Saat Sahur

Tips Tips Sehat Pada Saat Sahur  Meskipun sahur di lakukan pada waktu pagi pagi buta, bukan berarti kita dapat menyantap makanan yang asal jadi. Perlu di ingat sahur itu lebih penting dari pada berbuka puasa. Karena di pagi hari kita harus menjalankan aktivitas sehari hari, maka dari itu kita harus mengisi tubuh kita dengan makanan bernutrusi yang cukup agar tetap fit hingga berbuka puasa nanti. Bagi kalian yang mau tubuhnya fit selama berpuasa, ayo coba tips di bawah ini. Semoga tipsnya bermanfaat.

Tips Tips Sehat Pada Saat Sahur

Tips Tips Sehat Pada Saat Sahur
Tips Tips Sehat Pada Saat Sahur
  1. Awali sahur dengan meminum segelas air putih terlebih dahulu. Mengapa begitu? Karena selama kita berpuasa kita kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu kita harus minum air putih terlebih dahulu.
  2. Memakan buah buahan sangat baik dikonsumsi pada saat sahur ataupun berbuka puasa. Karena buah buahan mengandung elektrolit yang akan memberi kesegaran pada tubuh saat beraktivitas.
  3. Selama kita berpuasa, kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur karena dapat mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satu contoh nya adalah meminum jus tanpa gula. Mengapa kita harus mengomsumsi makanan yang mengandung zat besi??? Di karenakan pada saat puasa zat besi dalam tubuh kita itu menurun karena jumlah sel darah merah berkurang. Sehingga membuat tubuh kita akan lemas, karena kekurangan oksigen dalam darah.
  4. Konsumsilah makanan yang berkarbohidrat yang kompleks. Salah satunya mengonsumsi nasi merah atau roti gandum, karena akan membuat gula darah stabil seharian dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis manis , karena akan membuat diri kita cepat lapar.
  5. Untuk menu lauknya kita bisa menambahkan lauk yang kaya protein seperti tempe, tahu kacang kacangan, daging atau ikan.
  6. Perlu diingat ketika sahur hindarilah makanan gorengan, karena makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang hingga 20% dan ini dapat menyebabkan ngantuk pada saat beraktifitas.
  7. Selain bermenukan lauk yang kaya protein, kita juga harus mengonsumsi makanan mengandung magnesium dan potassium seperti pisang, jeruk dan kacang almon.