oleh

Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Langkah pemerintah menyediakan hand sanitizer di tempat umum disalahgunakan orang untuk mengisi ulang (refill) botol mereka.

Setelah dua orang dinyatakan positif virus corona di Indonesia, pemerintah memang menggiatkan hidup bersih dan sehat. Berbagai fasilitas umum, mulai halte busway, rumah sakit, stasiun kereta api dilengkapi dengan hand sanitizer.

Lihat juga : Ternyata Beginilah Cara Pencegahan Virus Corona Supaya Tidak Menyerang Tubuh

Adanya fasilitas hand sanitizer itu justru disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Netizen pengguna akun Twitter /winataoey673 menceritakan ada emak-emak yang membawa botol kosong dan mengisinya dengan cairan hand sanitizer di fasilitas umum. Hal ini membuat cairan antiseptik itu cepat habis.

“Bener minta huhuhu. Tdi nemu ada ibu2 yg bawa botol hand sanitizer kosong trus diisiin. Gara2 kelakuan nya bkin ngantri pas mau ke halte busway. Kebetulan botolnya d pasang d pintu masuk halte busway,” ungkapnya.

Kisah serupa juga disampaikan oleh netizen pengguna akun Twitter /jasabidanonlen dan /septa_aryani. Dari penuturannya, ada pengunjung rumah sakit (RS) yang membawa botol kecil kosong dan mengisinya dengan hand rub yang terdapat di RS.

Baca juga :  Imabas Corona Harga Masker Naik Hingga Jutaan

“Kocyak pengunjung rs pada bawa botol kecil dan diisi sama hand rub yg ada di rs, sementara suster suster pas mau netesin ke tangan, pada abis dooong saking langkanya hand sanitizer dipasaran kayaknya,” tambah pengguna akun /jasabidanonlen.

Daripada mengambil hand sanitizer di tempat umum, Mataberita.com mempunyai tips membuat cairan antiseptik sendiri loh yang tentunya sangat mudah.

Adapun bahan yang diperlukan di antaranya, alkohol 70 %, gel aloe vera murni, minyak esensial, seperti lavender, cinnamon atau peppermint.

Cara membuatnya, campurkan dua per tiga cup alkohol dengan sepertiga cup aloe vera di mangkuk. Kemudian, aduk hingga merata.

Jika teksturnya sudah lembut, tambahkan minyak esensial dan aduk secara perlahan. Setelah itu, masukkan cairan tersebut ke dalam botol plastik yang telah dibersihkan. Hand sanitizer buatan sendiri siap digunakan. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Komentar

Leave a Reply

News Feed