oleh

Beringin Dan Sumur Tua Sejarah Dusun Sawahan

Gunungkidul – Satu pohon berukuran super yang masih ada dan kelihatan menyolok mata adalah pohon beringin di tengah persawahan, tepatnya di dusun Sawahan 2, Desa Bleberan.

Lokasi pohon beringin yang berada di tengah persawahan itu masuk di wilayah Dusun Sawahan II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Tak ada warga yang tahu persis berapa usia beringin (ficus benjamina) itu.

Menurut beberapa warga sekitar, pohon beringin tersebut sudah ada sejak lama. Dibawah pohon beringin tersebut terdapat sebuah sumur tua yang oleh para warga sekitar disebut sumur gayam.

Baca Juga : Gempar, Warga Gunungkidul Temukan Granat Aktif

“Sejak saya masih kecil, pohon itu sudah ada. Dulu waktu saya SD tempat tersebut menjadi tempat melakukan tradisi buang sarang (anyaman daun pohon kelapa) jika ada acara yang dilakukan oleh warga. Sekarang sudah jarang dilakukan tradisi tersebut,” Ujar Lian, Senin (11/11/2019).

Secuil informasi hikayat beringin raksasa dan sumur gayam itu diperoleh dari seorang warga sekitar. Beliau mengatakan bahwa pohon dan sumur tersebut merupakan menjadi cikal bakal berdirinya Dusun Sawahan dan Dusun Bleberan.Di Desa tersebut terdapat tiga sumur gayam yang memang lokasi sumur gayam tersebut berada di tengah-tengah antara dusun Bleberan dan Dusun Sawahan yang seolah-olah menjadi batas wilayah dua Dusun tesebut.

pohon beringin
Beringin Tua Di Dusun Sawahan 2, Bleberan, Playen, Gunungkidul

Sumur yang berada dibawah pohon beringin raksasa itu pun hingga kini masih digunakan oleh warga salah satunya untuk pengairan sawah meraka.

Baca Juga : Sebanyak 1.059 Peserta BPJS Di Gunungkidul Dinonaktifkan

Kini, jika Anda melintas di jalan setapak timur perkampungan tesebut pasti ada akan melihat pohon beringin besar itu dan bisa anda jadikan sebagai penanda arah dan lokasi. Sejumlah warga menjadikan lahan di sekitaran pohon beringin itu sebagai tempat perswahan hingga kini. (mataberita.com)

Komentar

Leave a Reply

News Feed