oleh

BREAKING NEWS : Merapi Meletus Pagi Ini

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 6.000 meter.

Gunung Merapi meletus terjadi pada hari selasa (3/3/2020) pukul 05.22 WIB. Menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta atau BPPTKG, letusan Gunung Merapi terjadi selama 450 detik dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 6 kilometer. Erupsi Gunung Merapi hari ini terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 75 mm dan durasi 450 detik.

Baca juga : Waspada, Dua Orang Warga Indonesia Positif Virus Corona

Laporan dari Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) juga mengungkapkan bahwa munculnya awan panas ke arah hulu kali Gendol dengan jarak 2 kilometer.

Pada tahun 2020 ini, erupsi Gunung Merapi telah terjadi sebanyak dua kali. Erupsi pertama pada tahun 2020 terjadi pada tanggal 13 Februari 2020 yang juga berstatus waspada.

Baca juga : Pelaku Pembobolan ATM Tertangkap di Denggung Sleman

Penyemburan abu vulkanik oleh Gunung Merapi setinggi 6.000 meter ini terjadi hingga Boyolali, Jawa Tengah. Angin yang terjadi saat erupsi Gunung Merapi tersebut mengarah ke utara sehingga terjadilah hujan abu di kabupaten Boyolali.

Pada letusan kali ini Gunung Merapi memiliki status waspada karena sedang berada pada level 2. Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG) menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik terlebih dahulu dan beraktifitas seperti biasanya di luar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Komentar

Leave a Reply

News Feed