oleh

Cara Mudah Membuat Cairan Desinfektan Sendiri

MATA BERITA – Berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan dan penyebaran virus corona seperti membuat hand sanitizer sendiri, mengisolasi diri sendiri di Rumah, penerapan cuci tangan dengan sabun di air mengalir sesering mungkin, WFH atau Work From Home dan kegiatan lainnya yang berhubungan menghindari keramaian dan kerumunan.

Kebutuhan masyarakat semakin meningkat yang dibarengi dengan peraturan pemerintah untuk tetap berada di rumah. Selain itu masih ada beberapa masyarakat yang belum sepenuhnya menerapkan peraturan tersebut karena tuntutan kerja sebagai pihak kesehatan dan kerjaan lain yang belum menerapkan WFH seperti berdagang, bertani, serta pelayanan lainnya.

Baca Juga : Ketahuilah Penggunaan Hand Sanitizer Secara Efektif!

Penyemprotan Desinfektan yang dilakukan oleh pihak kesehatan, masyarakat, maupun relawan yang membantu meringankan pemerintah untuk pencegahan virus corona tentu menghabiskan ratusan liter cairan Disinfektan.

Kesadaran masyarakat tentu sangat diharapkan untuk keadaan saat ini, yaitu mendatangi posko penyemprotan Desinfektan dan tidak boleh menghindari jika penyemprotan berada di pintu masuk suatu wilayah.

Masyarakatpun sekarang dapat dengan mudah membuat cairan Desinfektan sendiri dalam jumlah yang banyak tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah turun dan atau digunakan di area Rumah.

Cara Membuat Cairan Desinfektan:

  • Pemutih Pakaian Dan Air

Cairan Pemutih Pakaian dapat digunakan sebagai Desinfektan karena mengandung natrium hipoklorit yang ampuh membasmi virus, bakteri dan juga jamur. Caranya adalah dengan menakar 2 sendok makan pemutih pakaian untuk 1 liter air. Jika ingin menggunakan air dalam jumlah banyak, takaran dapat disesuaikan dengan ketentuan.

  • Karbol Dan Air

Karbol adalah cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Karbol dapat digunakan sebagai cairan Desinfektan dengan takaran 2 sendok makan untuk 1 liter air.

  • Pembersih Lantai Dan Air

Pembersih lantai dapat digunakan sebagai Desinfektan mudah dengan cara menuangkan 1 tutup botol untuk 5 liter air.

  • Cairan Alkohol 70%

Alkohol yang mengandung 70 persen ini dapat digunakan sebagai Desinfektan dan tidak ada bahan campuran lainnya. Cukup dituangkan ke dalam botol semprotan saja dan siap untuk digunakan di area rumah atau lingkungan.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

  • Bahan Alami dan Air

Memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di lingkungan juga dapat digunakan sebagai cairan Desinfektan yakni Antiseptik. Bahan-bahan tersebut adalah Cuka, Air, minyak essensial (kayu manis, cengkeh, kayu putih, dan jeruk nipis). Caranya adalah campurkan ke dalam wadah setengah cangkir cuka dan setengah gelas air kemudian menambahkan cairan essensial 12-24 tetes.

Dalam membuat cairan Desinfektan, jangan lupa untuk menggunakan berbagai jenis sarung tangan, namun lebih diutamakan menggunakan sarung tangan karet. Ketika melakukan penyemprotan, diusahakan selalu menggunakan masker atau pelindung.

Komentar

Leave a Reply

News Feed