oleh

Curah Hujan Tinggi, Waspada Penyakit Leptospirosis

MATA BERITA – Memasuki tahun 2020, curah hujan semakin meningkat dan tinggi hingga mengakibatkan banyaknya genangan air, banjir, hingga longsor.

Curah hujan yang tinggi tentu saja membawa berbagai penyakit seperti Diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), Flu, dan Leptospirosis.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Prakiraan Iklim, curah hujan sangat tinggi pada tahun 2020. Tidak dimungkinkan bahwa tingkat penyakit akan semakin tinggi terutama penyakit Leptospirosis.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Penyakit Leptospirosis adalah penyakit yang berasal dari kencing tikus oleh bakteri Leptospira Interrogans. Penyakit Leptospirosis dapat menyerang manusia melalui air atau tanah yang telah terkontaminasi oleh kencing tikus tersebut. Penyakit ini sangat mudah terjangkit pada manusia ketika curah hujan tinggi dan banjir kemudian manusia melakukan kontak langsung dengan air dan tanah yang telah terkontaminasi.

Bakteri ini dapat hidup di air dan tanah dalam hitungan bulan hingga tahunan. Bakteri Leptospira mudah ditemui di daerah tropis karena udaranya lembab dan panas. Bakteri ini juga dapat berada pada benda bahkan makanan. Bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan akan mudah masuk ketika kulit mengalami luka terbuka atau pada makanan yang tidak bersih.

Ketika bakteri yang berasal dari kencing tikus tersebut berhasil masuk ke dalam tubuh manusia, maka bakteri akan cepat menyebar ke seluruh organ-organ melalui aliran darah dan sistem getah bening.

Penyakit Leptospirosis dapat mengakibatkan tubuh mengalami nyeri otot, demam tinggi, pendarahan pada saluran kencing, sesak napas, radang paru-paru, dan gagal ginjal. Penyakit Leptospirosis oleh bakteri kencing tikus ini juga dapat mengakibatkan kematian.

Baca Juga : Ternyata Beginilah Cara Pencegahan Virus Corona Supaya Tidak Menyerang Tubuh

Bahaya saat musim hujan tiba yang perlu dikhawatirkan adalah rumah dan lingkungan tempat tinggal. Pastikan menjaga kebersihan air, makanan, dan kesehatan.

Pencegahan Penyakit Leptospirosis:

  1. Hindari dan jangan gunakan bak air yang telah terkontaminasi dengan tikus.
  2. Memastikan kebersihan air saat mengonsumsi.
  3. Jauhi hewan berkerat atau tikus.
  4. Gunakan sepatu boot saat banjir atau sedang berada di genangan air.
  5. Menjaga kebersihan makanan.
  6. Lakukan vaksinasi kepada hewan peliharaan agar terhindar dari bakteri Leptospira.
  7. Melakukan kebiasaan hidup bersih dan sehat terhadap lingkungan dan tubuh.
  8. Berusahalah untuk selalu melakukan pembasmian tikus yang bersarang di rumah.
  9. Melakukan kebiasaan cuci tangan dan cuci kaki menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.
  10. Gunakan sarung tangan karet saat melakukan aktifitas yang memiliki hubungan air dan tanah.

Komentar

Leave a Reply

News Feed