oleh

Gempar, Warga Gunungkidul Temukan Granat Aktif

Gunungkidul – Warga RT 15, Dusun Corot, Desa Karangduwet, Kecamatn Paliyan, Kab. Gunungkidul digegerkan dengan adanya penemuan granat di pekarangan rumah salah seorang warga. Saat ini granat jenis nanas ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian karena masih aktif, Minggu 3 November 2019.

Granat nanas ini di temukan oleh Hendro Triyudono (44), penemuan bermula saat Hendro hendak membersihkan pekarangan rumahnya. Namun saat membersihakan pekarangan tersebut ia menemukan benda menyerupai granat uang terkubur dalam tumpukan pasir.

Baca Juga : Fakta Afridza Munandar Pembalap Muda Indonesia

“Tadi itu saya lagi nyapu, bersih-bersihlah terus pas bersihkan daun-daun (yang jatuh di perkarangan) kok ada granat,” ujarnya saat di  temui wartwan di rumahnya, Minggu (3/11/2019).

Mendapati temuan tersebut, Hendro lantas melaporkannya kepada perangkat desa dan dilanjutkan ke kepolisian. Tak lama kemudian Tim Gegana Satbrimob Polda DIY datang ke lokasi penemuan untuk mengamankan granat tersebut.

Baca Juga : BMKG Sebut Hujan Lebat Terjadi Di Sejumlah Wilayah Gunungkidul

Kapolsek Paliyan AKP Edy Purnomo menjelaskan bahwa dari hasil identifikasi granat tersebut berjenis granat nanas. Selain itu, granat tersebut masih berstatus aktif meski pada pengamannya telah mengalami korosi.

“Dari infromasi TIM Gegana tadi menyebut bahwa granat itu granat jenis nanas, dan masih aktif. Meski pengamannya sudah korosi, ternyata didakamnya (granat yang di temukan) masih ada intinya,” ucapnya pada wartawan.

Polisi menyelidiki temuan granat tersebut. Kuat dugaan granat berasal dari tumpukan pasir yang dibeli Hendro pada tahun 2013 lalu.

“Jadi kemungkinan granat tersebut ikut terbawa saat (Hendro) membeli pasir, dan dari keterangan tadi dia membeli pasir itu dari luar (gunungkidul),” terang Edy.

Edy juga menambahkan, saat ini granat nanas itu telah di bawa Tim Gegana Satbrimob Polda DIY untuk diidentifikasi lebih lanjut.

News Feed