oleh

Inilah Faktor Pemicu Penyakit Meningitis, Gejala Dapat Terjadi Pada Bayi

MATA BERITA – Penyakit meningitis merupakan penyakit mematikan yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus.

Berdasarkan tinjauan dari Dr. Karlina Lestari pada laman sehatQ, Penyakit radang selaput otak atau biasa dikenal dengan meningitis ini menyebabkan pembengkakan pada membran yang membungkus otak dan tulang belakang.

Penyebab utama penyakit Meningitis ialah Virus, Bakteri, dan jamur. Meningitis yang disebabkan oleh Virus ini dapat berakibat penderita mengalami gejala diare, demam, flu, dan meriang. Virus yang dapat menjadi penyebab meningitis adalah virus polio, virus gondong, virus flu, dan virus west nile.

Selain itu meningitis juga dapat disebabkan oleh bakteri hingga berujung mematikan jika tidak mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Keluhan bagi penderita meningitis adalah trauma pada kepala yang akut, seperti disebabkan oleh infeksi telinga atau sinusitis.

Penyakit meningitis dapat disebabkan oleh jamur. Meningitis terjadi setelah penderita mengalami infeksi jamur yang sudah ada pada tuuh dan menyebar ke otak dan tulang belakang. Jamur tersebut ialah Cryptococcus, Histoplasma, Blastomyces, Coccidioides, dan Candida.

Berdasarkan tinjauan dari Dr. Merry Dame Cristy Pane dari laman Alodokter, meningitis memiliki beberapa faktor pemicu:

  • Usia

Penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus dapat terjadi pada anak berusia 5 tahun kebawah, dan meningitis bakteri terjadi pada usia 20 tahun kebawah.

  • Kehamilan

Kehamilan dapat meningkatkan potensi meningitis yang disebabkan oleh bakteri listeria hingga kandungan terjadi keguguran. Bakteri listeria ialah bakteri yang terdapat dalam makanan, seperti buah melon, keju, dan sayuran mentah.

  • Lingkungan

Penyakit radang selaput otak atau meningitis dapat terjadi pada lingkungan sekitar. Lingkungan yang didukung oleh keramaian dan perkumpulan orang-orang yang tinggal bersama dan memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda seperti tempat tinggal asrama.

  • Tidak melakukan vaksinasi

Risiko terkena penyakit meningitis dapat terjadi ketika anjuran dokter tidak dilaksanakan dengan baik yaitu melewatkan jadwal vaksinasi.

Penyakit radang selaput otak atau meningitis memiliki gejala yang berbeda setiap orang termasuk gejala pada bayi. Bayi akan lebih rewel dari biasanya, tidak mau meminum ASI, dan tidur yang lebih lama dari biasanya dan enggan dibangunkan.

Selain itu, bayi mengalami demam, ubun-ubun menggelembung, kaku pada badan dan leher, hisapan saat menyusui terasa lemah, jaundice, dan menangis dengan suara yang melengking.

Baca Juga : Penyebab Glenn Fredly Meninggal Dunia

Baca Juga : Kenali Bahaya Penyakit Tetanus Yang Berakibat Mematikan

Komentar

Leave a Reply

News Feed