oleh

Inilah Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

MATA BERITA – Daun Kelor adalah tumbuhan yang memiliki nama latin Moringa Oleifera. Kelor merupakan daun yang sulit untuk didapatkan. Daun kelor hanya dapat ditemui di kampung-kampung atau pedesaan saja. Daun kelor memiliki bentuk daun yang kecil ternyata memiliki kandungan vitamin bagi kesehatan tubuh.

Tidak banyak diketahui bahwa ternyata daun kelor dapat dikonsumsi dengan berbagai jenis olahan makanan. Olahan makanan daun kelor dapat disajikan sebagai lalapan, sayur bening, tumis, sayur daun kelor atau ASI Booster.

Selain daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai olahan makanan, daun kelor dapat juga dimanfaatkan sebagai minuman. Minuman dari daun kelor tersebut dapat dibuat menjadi Teh Seduh.

Daun kelor dapat dikeringkan di udara terbuka. Pengeringan daun kelor tidak dibawah sinar matahari langsung karena akan dapat mengurangi gizi yang ada pada daun kelor tersebut. Setelah daun kelor kering dapat dicampurkan ke dalam air matang panas kemudian ditambahkan madu secukupnya ketika air sudah hangat.

Kandungan yang dimiliki oleh daun kelor adalah sumber protein, mineral yang tinggi, vitamin, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan rendah kalori.

Kandungan vitamin yang dimiliki oleh daun kelor meliputi vitamin A, vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, dan Vitamin C. Vitamin A pada daun kelor dapat membantu kesehatan mata, kulit, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B1 pada daun kelor dapat meningkatkan daya tahan tubuh  dan mencegah penyakit Beri-beri. Gejala penyakit Beri-beri ini dapat ditandai ketika sesak napas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, penurunan fungsi otot, dan sulit berbicara.

Vitamin B2 pada daun kelor dapat menjaga kesehatan kandungan atau kesehatan kehamilan, mencegah migrain, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan meningkatkan energi.

Vitamin B3 pada daun kelor dapat menambah nafsu makan, menyembuhkan diare, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan pencernaan. Vitamin B6 pada daun kelor dapat mengatasi depresi, menguatkan fungsi otak, mencegah penyakit jantung, dan menambah energi.

Selain Vitamin A, B1, B2, B3, B6, daun kelor juga mengandung vitamin C yang dapat melawan sel kanker, menurunkan resiko serangan jantung, menjaga kesehatan mata, dapat memperbaiki jaringan sel kulit, dan mengurangi flu.

Komentar

Leave a Reply

News Feed