oleh

Inilah Menu Sahur Simple, Tahan Kenyang Saat Puasa

MATA BERITA – Di bulan Ramadhan tiba tentu masih jarang masyarakat tidak memperhatikan pola makan.

Setelah seharian menahan lapar dan haus selama 14 jam, masyarakat sangat antusias memasak dan membeli makanan yang tidak sewajarnya. Akibatnya banyak sekali masyarakat tidak memperhatikan kesehatan makanan di bulan Ramadhan.

Baca Juga : Khasiat Luar Biasa pada Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Saat sahur, antusias masyarakat menurun dibanding saat berbuka puasa. Masyarakat lebih mengedepankan makanan yang simple dan tidak ribet namun sebenarnya sama sekali tidak berenergi.

Sebenarnya menu sahur yang cocok untuk dimakan supaya lebih berenergi diantaranya adalah makanan yang mengandung antioksidan, karbohidrat, serat tinggi, memiliki vitamin B, protein tinggi, dan mineral.

Makanan mengandung energi yang cocok untuk menu sahur :

  • Singkong

Singkong merupakan sejenis ubi-ubian yang kaya akan serat, kalsium, dan zat besi. Singkong dapat dimasak menjadi singkong rebus jika tidak ingin ribet saat sahur. Namun singkong juga dapat dimasak menjadi kolak. Sehingga bahan-bahan yang terkandung dalam kolak bermacam-macam dan tentunya memiliki banyak vitamin yang terkandung untuk menjadikan energi saat berpuasa.

  • Bayam

Bayam dapat dimasak menjadi sayur bening bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi untuk menambah darah. Mengonsumsi bayam juga dapat menghindari penyakit anemia saat berpuasa. Memasak sayur bening bayam termasuk mudah dan tidak ribet. Perlu diingat bahwa bayam tidak boleh dipanaskan, cukup satu kali ketika masak sedang berlangsung.

  • Nasi merah

Nasi merah memiliki kandungan yang lebih besar dan kaya serat daripada nasi putih. Nasi merah juga dapat mengenyangkan lebih lama sehingga cocok untuk dijadikan menu utama saat sahur.

  • Buah-buahan

Saat sahur berlangsung jangan meninggalkan buah-buahan untuk dimakan. Buah-buahan justru memiliki vitamin yang banyak dan tidak memicu gula darah naik. Selain itu buah dapat mengurangi rasa lapar terutama buah pisang, apel, dan pir.

Baca Juga : Makanan Ampuh Mempercepat Penyembuhan DBD

  • Telur

Masyarakat tentu saja tidak pernah meninggalkan telur saat sahur. Selain simple, telur juga memiliki banyak protein dan lemak. Telur sangat cocok untuk dijadikan menu sahur dengan memasak berbagai macam telur beserta tambahannya seperti sayur dan cabai.

  • Outmeal

Makanan yang terbuat dari gandum dan dibuat menjadi bubur ini memiliki banyak karbohidrat yang menyehatkan. Outmeal instan dapat dibeli di supermarket. Pembuatan outmeal juga cukup mudah karena hanya diseduh saja.

  • Kurma

Selain kurma merupakan makanan yang simple untuk dijadikan menu sahur, rasa kurma yang manis mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

  • Sayur-sayuran

Sayuran merupakan makanan yang memiliki serat tinggi untuk menyehatkan tubuh. Sayuran seperti brokoli, kangkung, dan kubis ini dapat dimasak menjadi sop ataupun tumis. Memasak sop ataupun tumis sangat mudah karena tidak perlu bahan-bahan yang banyak. Sehingga tumis sayuran sangat cocok untuk dijadikan menu sahur.

Komentar

Leave a Reply

News Feed