oleh

Kenali Bahaya Penyakit Tetanus Yang Berakibat Mematikan

MATA BERITA – Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan ketika anggota tubuh terinfeksi kuman dan menyebabkan kondisi kaku dan tegang.

Seseorang dapat terjangkit tetanus ketika ia menginjak atau tertusuk benda tajam yang telah berkarat. Seperti Paku, besi, pisau, jarum, dan benda tajam lainnya. Penyakit tetanus dapat berakibat fatal dan berujung mematikan.

Penyebab seseorang memiliki penyakit tetanus ialah karena terinfeksi bakteri yang bernama Clostridium Tetani yang biasanya terdapat pada debu, tanah, kotoran hewan, kotoran manusia, dan besi berkarat.

Baca Juga : Waspadai Benda-Benda Ini, Ternyata Pembawa Virus Corona

Ketika kuman atau bakteri Clostridium Tetani masuk ke dalam tubuh melalui luka pada kulit, maka bakteri tersebut akan berkembang dalam tubuh dan mengeluarkan racun. Kandungan pada bakteri yang masuk ke dalam tubuh disebut Neurotoksin. Neurotoksin tersebut akan mengakibatkan tubuh seseorang menjadi kejang otot dan tidak hanya merusak saraf-saraf saja, namun penyakit tetanus menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Penyakit tetanus tergolong kedalam penyakit yang berbahaya, dimana gejala penyakit tersebut muncul dalam 4-21 hari setelah terinfeksi kuman tetanus tanpa penanganan vaksin. Ditandai dengan demam, pusing, berkeringat berlebihan, jantung berdebar, sulit menelan, sulit bernapas, kaku pada otot leher atau otot perut, dan menjadi tegang serta kaku pada otot rahang, seseorang telah berada pada gejala penyakit tetanus.

Pertolongan pertama saat menginjak atau tertusuk benda tajam berkarat yang perlu dilakukan adalah membersihkan luka menggunakan air mengalir dengan sabun. Jika luka tersebut bersifat parah dan masih tercampur oleh kotoran seperti tanah dan debu, maka segeralah pergi ke dokter untuk menerima suntikan antitetanus.

Pemerintah Indonesia telah melakukan peraturan yang bersifat wajib dalam pemberian vaksinasi tetanus kepada masyarakat Indonesia. Pemerintah mewajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mematuhi peraturan pemerintah yakni melakukan vaksin kepada bayi sebanyak 3 kali sebelum usia 1 tahun.

Baca Juga : Hindari Kanker Kulit Dengan Berjemur di Waktu yang Tepat

Pemberian vaksin tetanus kemudian dapat di ulang sebanyak 4 kali sebelum usia 18 tahun dan mengulang pemberian vaksin setiap periode 10 tahun. Peraturan pemerintah dalam pemberian vaksinasi tetanus juga wajib dilakukan oleh wanita saat sebelum menikah dan saat hamil.

Komentar

Leave a Reply

News Feed