oleh

Kenali dan Pahami Pencegahan Virus Corona

Belakangan hari ini, masyarakat dihebohkan dengan kabar merebaknya Virus Corona. Virus yang telah menginfeksi ratusan orang itu diketahui bermula dari Wuhan, China.
.
Dikutip dari Detik.com, Jumat (24/1/2020), Virus Corona dapat menyebabkan SARS, MERS, dan pneumonia. Menurut WHO, SARS pertama kali diidentifikasi di Guangdong provinsi di selatan China.
.
Virus Corona diketahui menyebar dari hewan ke manusia dan kini memiliki nama baru yaitu Novel Coronavirus (2019-nCoV). Penyebab virus corona pada manusia berasal dari kontak dengan hewan.
.
Menurut WHO, penyebab Virus Corona adalah unta dalam kasus MERS dan kucing pada SARS. Peneliti belum yakin penyebab Virus Corona pada kasus pneumonia di Wuhan, China.
.
Dalam kasus penularan antar manusia, biasanya terjadi saat kontak langsung dengan cairan pasien, misal terkena cipratan liur saat bersin atau batuk.
.
Penularan juga bisa berasal dari menyentuh langsung pasien. Bagian tubuh yang terpapar langsung kemudian digunakan untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata.
.
Gejala paling umum pada orang yang terkena Virus Corona adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang berlangsung beberapa hari.
.
Hingga saat ini, belum ditemukan obat secara khusus untuk Virus Corona. Jika gejala dirasakan semakin buruk maka harus segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Selain itu, pastikan minum air putih, istirahat, dan tidur untuk memulihkan kondisi tubuh.
.
Dengan belum adanya obat secara spesifik, maka dianjurkan untuk melakukan pencegahan Virus Corona. Jangan melakukan kontak langsung dengan pasien Virus Corona kecuali dalam kondisi tertentu. Jika terlanjur melakukan kontak, pastikan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh diri sendiri.

Komentar

Leave a Reply

News Feed