oleh

Ketahuilah Penggunaan Hand Sanitizer Secara Efektif!

MATA BERITA – Hand Sanitizer merupakan pembersih tangan terbuat dari cairan atau gel yang mengandung alkohol untuk mengurangi patogen dan menghilangkan kuman secara cepat pada tangan.

Hand Sanitizer mulai meledak dipasaran akibat wabah Virus Corona COVID-19 dimana masyarakat dianjurkan untuk tertib membersihkan tangan menggunakan Hand Sanitizer dan mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Dengan adanya anjuran tersebut banyak sekali masyarakat lebih menggunakan Hand Sanitizer dibanding dengan mencuci tangan dengan air mengalir.

Kekuatan Hand Sanitizer memang sangat cepat dalam membersihkan kuman tanpa membilas dengan air. Namun ketahuilah bahwasannya mencuci tangan dengan sabun di air mengalir lebih bersih dan efektif menurut Penelitian di Kyoto Profectural University of Medicine Jepang.

Akhir-akhir ini sejak wabah Virus Corona menyerang, harga satuan Hand Sanitizer melonjak drastis, sehingga banyak sebagian masyarakat membuat Hand Sanitizer sendiri untuk digunakan secara pribadi maupun dijual kembali. Akan tetapi Hand Sanitizer ternyata mengandung 60% alkohol berpotensi dapat merusak kulit bila terlalu sering dipakai berlebihan. Selain itu, penggunaan Hand Sanitizer hanya dapat membunuh kuman ditangan dan tidak untuk menghilangkan jejaknya di tangan.

Waktu yang tepat dalam menggunakan Hand Sanitizer ialah ketika diri sedang berada pada tempat yang tidak memungkinkan adanya tempat cuci tangan atau sabun dan air mengalir. Selain itu penggunaan Hand Sanitizer sebelum menyentuh makanan juga akan berbahaya karena tidak akan mengurangi efek membunuh virus sebab mengandung wewangian dan zat kimia aktif.

Penggunaan Hand Sanitizer sebelum menyentuh makanan boleh saja digunakan namun tunggulah hingga tangan mengering karena zat kimia yang terkandung tersebut.

Hal ini disebutkan oleh seorang dokter University Hospital and Medical Center Amerika Serikat.

“Menggunakan Hand Sanitizer sebelum menyentuh makanan tidak akan mengurangi efek membunuh virus. Maka dari itu Anda harus segera mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan Hand Sanitizer untuk menghilangkan zat kimia dan wewangian yang menempel di tangan.”

Sehingga penggunaan Hand Sanitizer tidak dapat dilakukan sesering mungkin, karena Hand Sanitizer hanya dapat membunuh namun tidak untuk menghilangkan kuman yang mati.

Hal tersebut dapat mengakibatkan efek samping seperti kulit lebih cepat kering dan sisa kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke sela-sela kulit yang kering lalu mengakibatkan kerusakan kulit serta iritasi.

Baca Juga : Kenali Perjalanan Virus Corona yang Berujung Mematikan

Penggunaaan Hand Sanitizer setelah 5 kali, tangan harus segera dicuci dengan sabun di air mengalir sehingga residu kuman yang mati dapat terbawa air mengalir. Tingkat keefektifanpun lebih kuat mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Perlu diketahui dan di ingat bahwasannya penggunaan Hand Sanitizer efektif digunakan jika jauh dari tempat cuci tangan atau saat keadaan sulit dalam mencari air bersih saja.

Komentar

Leave a Reply

News Feed