oleh

Khasiat Luar Biasa pada Daun Sirsak Bagi Kesehatan

MATA BERITA – Tanaman Sirsak memiliki nama latin Annona Muricata yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan di tanaman sirsak ini tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, namun daun sirsak juga bermanfaat ketika dikonsumsi secara baik dan benar.

Daun sirsak memiliki bentuk lonjong, jenis daunnya menyirip, berukuran lebar, sedikit tebal, memiliki bau yang tidak begitu sedap, serta berwarna hijau tua.

Baca Juga : Inilah Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa daun sirsak ternyata dapat dikonsumsi dan dapat menyehatkan tubuh manusia. Daun sirsak tentu memiliki kandungan yang baik.

Daun sirsak memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh manusia meskipun memiliki bau yang tidak begitu sedap. Daun sirsak ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dengan cara dikonsumsi yakni direbus terlebih dahulu.

Kandungan yang ada pada daun sirsak ini memiliki senyawa acetogenin. Senyawa acetogenin adalah senyawa aktif yang bermanfaat untuk membunuh racun di dalam tubuh. Acetogenin tersebut ketika masuk ke dalam tubuh akan otomatis menghambat pertumbuhan ATP atau Adenosina Trifosfat. ATP merupakan sumber energi bagi kanker yang ada di dalam tubuh. Sehingga daun sirsak yang memiliki kandungan senyawa Acetogenin dapat langsung menghambat perkembangan ATP bagi kanker saat berkembang.

Selain dapat menghambat perkembangan kanker di dalam tubuh, rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes, gangguan pencernaan, asam urat,  penyakit paru-paru, meningkatkan kesuburan, menurunkan kolesterol, mengobati penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan Antivirus.

Kandungan yang ada di daun sirsak tentu tidak hanya senyawa Acetogenin, namun kandungan tersebut dapat menstabilkan kadar gula untuk penyakit diabetes, kandungan antimikroba untuk mengatasi gangguan pencernaan, kandungan asam gentisic untuk mengobati asam urat.

Senyawa Acetogenin yang ada pada daun sirsak tidakk hanya dapat menangkal kanker, namun mampu melawan berbagai penyakit lain yang menyerang tubuh manusia.

Untuk mendapatkan berbagai kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh, daun sirsak sebelum direbus dicuci terlebih dahulu hingga bersih menggunakan air mengalir. Daun yang akan direbus dapat meggunakan 10-15 lembar daun sirsak, panaskan air sebanyak tiga gelas diatas api kecil, dan masukkan daun sirsak yang siap direbus.

Baca Juga : Makanan Ampuh Mempercepat Penyembuhan DBD

Rebusan daun sirsak tersebut dibiarkan mendidih hingga menguap sehingga yang mulanya direbus menggunakan tiga gelas air menjadi satu gelas air saja.

Rebusan Daun Sirsak dapat diminum 3-4 kali sehari saat air masih hangat di waktu pagi, siang, sore, ataupun malam.

Komentar

Leave a Reply

News Feed