oleh

Makanan Ampuh Mempercepat Penyembuhan DBD

MATA BERITA – Indonesia sedang diserang berbagai wabah dan virus pada awal tahun 2020 ini. Dengan didukung curah hujan yang tinggi, penyakit bisa datang kapan saja dan dapat menetap kepada siapapun.

Demam berdarah adalah salah satu wabah menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk ini membawa virus dengue kepada manusia dan dapat menyebabkan kematian. Nyamuk aedes aegypti ini sangat rentan muncul saat musim penghujan tiba. Perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti mudah ditemui di tempat yang lembab, kotor, dan basah seperti pada genangan air bahkan bak air.

Baca Juga : Jangan Abaikan Kasus DBD, Berikut Cara Pencegahan DBD yang Benar!

Ketika seseorang telah terkena penyakit demam berdarah dengue, maka ia akan kekurangan darah atau trombosit yang ada pada tubuh menurun sehingga menyebabkan demam yang tinggi disertai bintik-bintik merah pada kulit, pusing, dan mual.

Terdapat makanan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit Demam Berdarah Dengue seperti buah-buahan dan sayuran.

Buah-buahan dan sayur-sayuran penyembuh DBD :

  • Jambu biji

Jambu biji memiliki kandungan quercetin. Quercetin adalah senyawa kimia alami. Jambu biji mampu membantu dalam penambahan trombosit yang turun akibat gigitan pada nyamuk aedes aegypti. Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk.

  • Kurma

Kurma memiliki kandungan 3 gula yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu Glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Selain itu kurma juga memiliki kandungan zat besi yang dapat menambah trombosit darah pada tubuh. Kandungan kurma dapat mengembalikan energi tubuh yang lemah akibat penyakit DBD.

  • Pepaya

Kandungan pada buah pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit darah ketika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

  • Air Kelapa

Penderita DBD membutuhkan imbuhan cairan di dalam tubuhnya, sehingga air kelapa dapat membantu penyembuhan penderita DBD. Air kelapa mengandung elektrolit dan mineral lain yang dapat menggantikan nutrisi tubuh.

  • Bayam

Sayuran bayam memiliki kandungan zat besi dan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan juga dapat meningkatkan trombosit yang turun akibat DBD.

  • Delima

Buah delima ini juga memiliki kandungan zat besi yang banyak sehingga sangat baik untuk membantu penyembuhan penderita DBD yang memiliki keping darah rendah. Buah delima juga memiliki kandungan mineral banyak yang dapat menambah energi.

  • Tomat

Sayuran tomat memiliki kandungan yang hampir sama dengan bayam yaitu memiliki kandungan zat besi yang banyak.

Baca Juga : Tak hanya Virus Corona, Kematian Akibat Wabah DBD Semakin Tinggi di Indonesia

Buah-buahan dan sayuran segar diatas dapat memberikan efek samping yang baik bagi penderita DBD yaitu mampu membantu penyembuhan DBD. Selain mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, masyarakat harus lebih terampil dalam melakukan kebiasaan pola hidup sehat dan pola hidup bersih.

Komentar

Leave a Reply

News Feed