oleh

Masyarakat Gunungkidul Berjumlah 69 ODP karena Corona

MATA BERITA – Dinas Kesehatan Gunungkidul menyebutkan bahwa dalam data yang dimilikinya, Gunungkidul memiliki ODP atau Orang Dalam Pemantauan sejumlah 69 kasus di Gunungkidul dan 2 orang PDP atau Pasien Dalam Pengawasan akibat Virus Corona.

Dewi Irawaty selaku kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul mengungkapkan data yang dimilikinya pada Kamis (19/3/2020) bahwa pasien Gunungkidul yang berstatus ODP dan PDP berada di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari.

“69 berstatus ODP dan dua lainnya PDP. Dua PDP saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Wonosari.” Jelas Dewi Irawaty.

Baca Juga : Berikut Daftar Wilayah Yang Diduga Telah Terpapar Corona Di DIY

Dua PDP atau Pasien Dalam Pengawasan tersebut sedang dirawat di RSUD Wonosari, sedangkan 69 ODP atau Orang Dalam Pemantauan di pantau dari rumah masing-masing dengan berbagai pesan kewaspadaan untuk tetap berada di dalam rumah supaya tidak melakukan kontak langsung dengan warga sekitar.

Jumlah yang tergolong tinggi dalam yakni 69 ODP ini berada di berbagai daerah Gunungkidul, rata-rata warga dalam berstatus ODP ini adalah warga yang baru saja pulang ke tanah air dan bepergian ketempat yang talah terdampak positif Virus Corona COVID-19.

Jumlah tertinggi dalam penyebaran ODP ini berada di Karangmojo dari 13 kecamatan yang ada di Gunungkidul. Riwayat bepergian yang dimiliki warga Gunungkidul sangat mengkhawatirkan sehingga tindakan ODP segera ditindaklanjuti oleh RSUD Wonosari supaya penyebaran tidak meluas.

“mereka diduga pernah kontak langsung atau kembali dari lokasi dan daerah terdampak, rata-rata mereka pulang Umrah, kerja, dan jalan-jalan ke luar negeri. Ada juga dari Jakarta dan Depok, lalu mereka pulang ada gejala.” Ungkap Dewi Irawaty.

Baca Juga : Balita Positif Corona Di Yogyakarta Mulai Membaik

Dinas Kesehatan dalam menanggapi kasus Virus Corona COVID-19 tentu warga diminta untuk benar-benar mentaati peraturan yang sedang diterapkan oleh pemerintah. Peraturan yang ketat tersebut guna untuk menghambat penyebaran kasus ODP, PDP, bahkan positif COVID-19.

Dinas Kesehatan ungkapkan kewaspadaan masyarakat harus terus meningkat dengan cara menjaga kesehatan dan kebersihan serta mengharapkan masyarakat untuk selalu sigap dalam melakukan pemeriksaan di Puskesmas atau Rumah Sakit saat merasakan gejala Virus Corona sebagai mestinya.

Komentar

Leave a Reply

News Feed