oleh

Mengulik “Kanker Usus” Yang Sebabkan Artis Henky Solaiman Meninggal Dunia

MATA BERITA – Dunia hiburan tanah air kembali berduka karena meninggalnya artis senior Henky Solaiman.

Henky Solaiman meninggal pada hari Jum’at, (15/5/2020) pukul 16.40 WIB di Rumah kediamannya. Beliau memiliki riwayat penyakit kanker usus dan meninggal pada usia 78 tahun.

Dilansir dari laman Halodoc.com, kanker usus besar merupakan penyakit yang memiliki sebuah massa abnormal yakni mengenai usus besar itu sendiri. Usus besar adalah bagian usus yang paling akhir dari sebuah sistem pencernaan.

Baca Juga : Erwin Prasetya, Personil Dewa 19 Meninggal Dunia

Penyebab kanker usus besar sendiri ialah ketika sel-sel sehat yang ada di usus besar mengalami perubahan susunan DNA karena mutasi. Karena DNA mengalami mutasi sehingga pembelahan sel dilakukan secara menerus hingga membentuk massa abnormal.

Kanker usus besar biasanya terdapat benjolan kecil yang bersifat jinak namun lambat laun akan bertransformasi menjadi ganas. Kanker usus besar sebenarnya memiliki beberapa gejala yang mungkin tidak terlalu diperhatikan oleh setiap orang.

Gejala kanker usus besar dapat dilihat dari perubahan pola Buang Air Besar yang dapat berupa diare atau konstipasi, pendarahan pada anus dan feses, nyeri perut, kram perut, merasa cepat lelah, dan penurunan berat badan.

Kanker usus besar biasanya dapat terdiagnosis oleh semua umur, namun lebih berisiko dan rentan pada orang yang telah lanjut usia 50 tahun ke atas, diet tinggi lemak, diabetes, obesitas, perokok, dan alkohol.

Selain itu faktor keturunan dan penderita penyakit polip, penyakit colitis ulseratif/ Crohn juga memiliki resiko tinggi terkena kanker usus.

Baca Juga : Dunia Musik Berduka, Didi Kempot Meninggal Dunia

Pencegahan kanker usus besar dapat dilakukan sejak dini dengan mudah yakni hanya dengan melakukan kegiatan sehari-hari secara tertib dan menjalankan pola hidup sehat.

Dengan mengonsumsi buah, sayur, dan serat tinggi maka peran makanan tersebut akan menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu tidak mengonsumsi alkohol, tidak merokok, dan melaksanakan olahraga rutin setiap hari selama 30 menit, serta menjaga berat badan ideal akan terbebas dari risiko kanker usus besar.

Komentar

Leave a Reply

News Feed