oleh

National Hospital Luncurkan Layanan Terbaru, Hasil Real Time PCR Untuk Covid-19 Dapat Diketahui Dalam 12 Jam

Mataberita.com, SURABAYA — Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan secara eksponesial. Peningkatan jumlah pasien rata-rata 400 pasien terkonfirmasi per hari dengan tingkat kematian di angka 7.3%. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat, dikarenakan perkembangannya yang begitu masif.

Kebutuhan akan proses diagnosa yang lebih cepat semakin mendesak dan tentu sangat membantu dalam proses penanganan sedini mungkin, sehingga pasien dapat dirawat ketika gejala belum terlalu parah. Hal ini kemudian menjadi perhatian National Hospital, salah satu institusi penyedia layanan kesehatan yang berlokasi di Surabaya, ketika meluncurkan layanan terbarunya.

Layanan terbaru yang diluncurkan National Hospital pada Senin (11/5) salah satunya adalah Real Time PCR. Real Time PCR memberikan kesempatan laboratorium memproses data amplifikasi secara bersamaan dan deteksi amplifikasi pada fase awal reaksi. Kemampuan ini memberikan keunggulan tersendiri dalam proses diagnosa, yaitu tingkat presisi dan sensitivitas tes yang jauh lebih baik dari proses diagnosa lainnya. Dengan mesin analisis yang canggih dan sumber daya manusia berkompetensi tinggi, National Hospital mampu memberikan hasil tes RT-PCR hanya dalam waktu 12 jam.

Hal ini membuat pasien cukup melakukan pengambilan sampel SWAB pada pagi hari dan dapat mengetahui hasil tesnya pada sore hari. Pengambilan sampel tes ini dapat dilakukan setiap hari di IGD Extension Tent maupun di ruangan khusus yang telah disediakan National Hospital.

Selain meluncurkan alat dan layanan Real Time RT-PCR, National Hospital juga menaruh perhatian tenaga-tenaga medis yang telah berjuang di garda depan. Tenaga-tenaga kesehatan yang selama ini bergerak di garis depan memiliki resiko tinggi tertular Covid-19 National Hospital juga meluncurkan inisiatif sosial bertajuk SWAB for Heroes.

Inisiatif ini menindaklanjuti antusiasme tenaga kesehatan Indonesia dalam program sebelumnya. Untuk mewadahi tenaga kesehatan yang tidak mendapat kesempatan pada program sebelumnya, National Hospital membuat sebuah website, dimana para tenaga kesehatan yang telah terdaftar dipertemukan dengan donatur-donatur yang akan membiayai tes SWAB tenaga-tenaga kesehatan itu.

Dengan begitu, terbentuklah suatu komunitas yang dapat saling membantu dalam menghadapi epidemi ini. Terdapat lebih dari 900 tenaga medis yang telah terdaftar di program sebelumnya dan akan diperluas melalui pendaftaran online. Dengan inisiatif ini, diharapkan tenaga-tenaga medis Indonesia mendapatkan akses tes Covid-19 yang lebih mudah dan merasa didukung dalam pertempuran menumpas Covid-19 ini.

Komentar

Leave a Reply

News Feed