oleh

National Hospital, Proyeksikan Jasa Bedah Jantung

Mataberitacom – RS. National Hospital Surabaya merencanakan membuka fasilitas kesehatan berupa jasa bedah jantung demi menunjang penanganan salah satu penyebab kematian di Indonesia.

Jantung  merupakan organ paling vital di tubuh kita yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung berhenti memompa darah sesaat saja, kompensasi ke tubuh kita akan sangat terasa.

Penyakit jantung dan pembuluh darah saat ini merupakan salah satu penyebab utama kematian di Indonesia sehingga semakin mendapat perhatian baik dari kalangan medis, orang awam dan pemerintah sebagai pemegang regulasi pelayanan kesehaan. Sebagian besar penyakit jantung memerlukan intervensi bedah dalam penangannya.

Baca juga : National Hospital, Gunakan Teknik Keyhole Untuk Operasi

Operasi jantung adalah sebuah tindakan pembedahan yang sangat beresiko. Namun demikian, jika hal tersebut adalah alternatif terakhir untuk sebuah pengobatan, tentunya harus tetap dilakukan. Dengan kemajuan ilmu dan  teknologi kedokteran, beberapa komplikasi selama pembedahan jantung dapat diminimalkan.

Keberhasilan bedah jantung sangat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kesiapan dari pasien maupun tim medis di rumah sakit.

National Hospital

Bedah jantung didefinisikan sebuah operasi atau upaya untuk mengoreksi kelainan anatomi dan fungsi jantung. Jenis pelayanan bedah jantung antara lain operasi pintas pembuluh darah koroner (Coronary Artery Bypass Graft), operasi penggantian katup jantung aorta ataupun mitral, operasi kelainan jantung bawaan berupa Atrial Septal Defect (ASD), Ventricular Septal Defect (VSD), dan Pulmonal Stenosis, Tetralogy of Fallot (TOF) serta mixoma baik dewasa maupun anak-anak.

Baca juga : National Hospital, Bangun Komunitas dan Kegiatan Demi Kualitas Hidup Masyarakat

Bedah jantung dapat dibagi menjadi 2, yaitu bedah jantung terbuka dan bedah jantung tertutup. Bedah jantung terbuka yaitu pembedahan yang dilakukan dengan membuka ruang jantung memakai dukungan mesin pintas jantung paru (Cardiopulmonary bypass machine/ekstracorporal).

Untuk memperlancar operasi tersebut, jantung akan diistirahatkan beberapa menit dengan dibuat tidak berdenyut. Fungsi pompa jantung akan digantikan oleh sebuah mesin jantung paru (Cardiopulmonary bypass machine/ekstracorporal) untuk mengganti kerja jantung dan paru selama jantung dilakukan pembedahan.

Mesin ini  selalu terkalibrasi, aman dengan monitor yang yang lengkap dan dijalankan oleh tenaga kardiovaskuler yang kompeten. Setelah operasi jantung selesai, maka jantung akan didenyutkan kembali dan berfungsi untuk memompa semua darah ke selutuh tubuh.

Berbeda dengan bedah jantung terbuka, bedah jantung tertutup merupakan pembedahan yang dilakukan tanpa membuka ruang jantung sehingga tidak perlu menggunakan mesin jantung paru. [Lian|| MB]

Komentar

Leave a Reply

News Feed