oleh

ODP Daerah Istimewa Yogyakarta Tertinggi di Gunungkidul

Mataberita.com – Gunungkidul – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul kini mencapai 653 orang. Jumlah tersebut merupakan angka tertinggi di DIY.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, secara statistik jumlah ODP Covid-19 pasti melonjak. Sebab setiap orang yang berasal dari daerah zona merah Covid-19 dan memiliki gejala Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) seperti batuk, maka orang tersebut masuk daftar ODP.

“Padahal selama ini ISPA merupakan kunjungan terbesar di Puskesmas. Sebelum ada Covid-19, orang batuk pilek kan umum sekali. Nah musim ini akhirnya jadi ODP kalau dari zona merah Covid-19,” jelas Dewi Irawaty, Selasa (31/03).

Lanjut Dewi, laporan harian Covid-19 hingga tangga 31 Maret 2020 pukul 12.00 WIB, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mnencapai 20 pasien, 8 pasien diantaranya dalam perawatan. Lalu jumlah ODP sebanyak 653 orang. Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 masih tetap 1 pasien. 

Pihaknya saat ini masih menunggu hasil pengujian covid-19 spesimen yang dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

“Sudah kami desak, namun karena antri jadi belum ada hasil keluar,” kata Dewi Irawaty.

Komentar

Leave a Reply

News Feed