oleh

Pembangunan Gedung UNY di Gunungkidul Dimulai

Mataberita.com Pembangunan kampus Universitas Negeri Yogyakarta yang berada di Gunungkidul tepatnya di Pacarejo, Semanu dimulai pada jumat (22/02), dengan cara peletakan batu pertama oleh Rektor UNY Sutrisna Wibawa.


Kampus yang dibangun pada lahan seluas seluas 4,6 ha . Lahan tersebut merupakan hasil hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul.

baca juga: Korban Laka Laut Pantai Nggrigak Belum Ditemukan


Pembangunan yang sudah direncanakan sejak 2 tahun yang lalu kini sudah dimulai. Dengan adanya pembangunan kampus vokasi tersebut Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul berharap dapat meningkatkan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia serta geliat ekonomi di wilayah Semanu pada khususnya. Kehadiran kampus UNY nantinya juga akan memberi peluang usaha yang prospektif dan meningkatkan SDM bagi masyarakat sekitar.


“Kita berharap banyak, karena saat ini yang menjadi kendala adalah SDM kita. Kalau SDM baik Gunungkidul akan lebih maju dan berkembang,” kata Badingah.

Bukan hanya itu saja Rektor UNY juga menjanjikan 50% mahasiswa akan diambil dari lulusan SMA/SMK gunungkidul untuk memajukan dan meningkatkan pendidikan di Gunungkidul.

Baca juga: Anaknya Jadi Korban Hanyut Sungai Sempor, Ayah Zahra Sudah Siapkan Hadiah


“Kami harap nantinya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warga meningkat pesat setelah kampus ini beroperasi,” kata Badingah.

Target gedung yang digadang seluas 2,049 meter persegi setinggi 4 lantai akan rampung pada bulan Agustus mendatang.

Percepatan pembangunan sendiri bukan tanpa maksud. Sebab pada September 2020 nanti, kampus tersebut sudah selesai dan langsung dapat digunakan sebagai tempat perkuliahan.

Pihaknya menargetkan, pembangunan kampus serta laboratorium sudah rampung pada pada Agustus 2020.Gedung tersebut nantinya akan digunakan sebagai kampus vokasi.

Di situ juga akan ada asrama bagi mahasiswa akan tetapi asrama tersebut hanya berlaku untuk tahun pertama setelah itu mahasiswa diminta untuk mencari kost sendiri.

Hal tersebut akan menguntungkan bagi masyarakat sekitar, masyarakat sekitar bisa membuka peluang usaha seperti warung makan, kost-kostan dan keperluan mahasiswa. Tentunya akan menjadikan SDM masyarakat sekitar akan naik dan mengurangi tingkat kemiskinan yang berada di Gunungkidul.

Komentar

Leave a Reply

News Feed