oleh

PP Muhammadiyah Haramkan Rokok Elektrik

Mataberitacom – Semakin masifnya peredaran rokok elektrik, khususnya di kalangan muda, memunculkan keprihatinan dari berbagai pihak. Tak terkecuali dari Muhammadiyah, yang resmi melabeli e-cigarette dengan stempel haram, lewat fatwa tegasnya.
.
Melalui pertemuan dalam rangka dukungan terhadap regulasi kawasan tanpa rokok di Kantor PP (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat (24/1/20), Majelis Tarjih dan Tajdid seakan meneguhkan posisi Muhammadiyah, terhadap fenomena rokok ini.
.
Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid, menandaskan, antara rokok konfensional, maupun elektrik, memiliki dampak yang sama-sama membahayakan kesehatan. Karena itu, pihaknya pun merasa perlu mengambil sikap.
.
“Ya, dengan mengeluarkan fatwa mengenai larangan rokok elektronik, atau sering disebut vape. Larangan ini dikeluarkan oleh Majelis Tarjih pada 14 Januari 2020 di Yogyakarta,” tandasnya, Jumat (24/1/20).
.
Hal ini sekaligus mempertegas fatwa yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah 2010 lalu, tentang hukum merokok. Menurutnya, merokok vape, atau disebut e-cigarette, hukumnya adalah haram, layaknya rokok konvensional pada umumnnya. (aka)

Komentar

Leave a Reply

News Feed