oleh

Viral Tugu Tol Disebut Mirip Palu Arit, Ini Penjelasan Pengelola

Jawa Timur |MataberitaCom – Tugu di interchange menuju Gerbang Tol Madiun viral di media sosial lantaran bentuknya yang dinilai mirip lambang palu arit.

Kehebohan soal tugu tersebut mendapat tanggapan dari Jasa Marga. PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) yang mengelola Tol Ngawi-Kertosono menegaskan tugu tersebut tidak ada kaitannya dengan palu arit yang menjadi simbol Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca juga : National Hospital, Senam Emas Bersama Golden Age Community

Tugu ikonis tersebut menggambarkan logo perusahaan yang berfungsi sebagai branding. Tugu yang berada di simpang susun (SS) Gerbang Tol (GT) Madiun itu pun sekaligus sebagai penanda bagi pengguna jalan.

Direktur Utama PT JNK, Dwi Winarsa, menjelaskan, tugu tersebut dibuat agar masyarakat lebih mengenal pengelola tol. Tugu tersebut dibuat setelah PT JNK resmi menyandang nama baru yang sebelumnya bernama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) pada 9 Mei 2018.

“Dilihat dari sisi sudut tertentu, Tugu Iconic membentuk huruf J-N-K. Tugu menjulang vertikal jika dilihat dari arah barat ke timur membentuk huruf J. lengkung jalan tol yang melingkar jika dilihat dari atas akan membentuk huruf N. Serta yang terakhir, secara keseluruhan jika dilihat dari arah SS Madiun ke arah timur akan membentuk huruf K,” terang Dwi kepada wartawan, Senin (10/2/2020).

Tugu Iconic tersebut berasal dari logo JNK dengan warna dasar putih biru dan putih kuning. Warna tersebut dipilih berdasar alasan filosofis. Logo JNK berbentuk lingkaran biru melambangkan perusahaan mengikuti kaidah universal dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga : Puluhan Personil SAR Dikerahkan Sisir Korban Parangtritis

Tugu putih melambangkan perusahaan berorientasi pada pertumbuhan stakeholder value dan peningkatan prosperity stakeholder dengan memperhatikan prinsip Good Corporate Governance.

Dwi menambahkan, tugu itu sengaja ditempatkan SS GT Madiun lantaran lokasinya yang strategis. Kawasan tersebut menjadi akses menuju Kota Madiun, Ponorogo, Magetan, Pacitan, dan sekitarnya.

Pembangunan tugu tersebut masih dalam tahap pertama. Nantinya akan ada penambahan huruf JNK yang tingginya sekitar 1,5 meter dari bahan acrylic dengan pencahayaan tinggi.

Komentar

Leave a Reply

News Feed